Senin, 27 Juli 2015

SABAR..

Diposting oleh Unknown di 4:20 AM

Dulu ketika aku masih usia belasan tahun, aku benar-benar bukan orang sabar. Dulu aku orangnya tidak mau kalah, tidak mau tahu, dan minta menang sendiri. Ketika masih ada ibuk. Bahkan terkadang ibuk pun tidak sanggup menyikapi sifatku yang selalu ingin menang sendiri.
Tapi sekarang, perlahan sifat buruk itu berubah. Sejak ibuk pergi untuk selamanya, dan tak akan mungkin kembali perlahan sifat itu aku buang. Sebenarnya tidak dengan sengaja membuang. Namun perlahan-lahan itu terbuang dengan sendirinya.
Semakin lama, semakin umurku bertambah aku belajar mengontrol emosi, walau kadang aku tidak cukup mampu menahannya. Dan sekarang, di usiaku yang hampir 22 tahun aku semakin bisa merasakan susahnya belajar sabar.
Belajar itu susah susah gampang. Meskipun lebih banyak susahnya. Ketika kenyataan tidak sesuai dengan hati dan keinginan aku ingin marah, tapi harus sabar. Ketika seseorang yang paling dekat denganku mengecewakanku aku ingin kecewa, tapi aku harus sabar. Ketika harapan tidak menjadi kenyataan aku ingin menangis, tapi aku harus sabar.
Seperti sekarang, ketika seseorang yang aku sayang membuatku tidak merasa bahagia karena membuatku kecewa, aku harus sabar. Tidak semua keinginan dan harapan kita itu bisa jadi kenyataan. Aku tahu itu. Kesabaranku kembali dilatih saat ini. Ingin rasanya marah sampai meledak-ledak. Tapi tidak bisa.
Aku selalu ingat pesan bapak "sabarlah, maka kamu akan kaya hati. Apapun yang dilakukan orang kepadamu kamu harus sabar dan ikhlaskan." Sabar dan ikhlas kunci utama kita tetap pada pelukan Tuhan, tetap pada kasih sayang Tuhan, dan tetap pada lindungan Tuhan. "Tuhan selalu ada bersama umat yang sabar", dan aku harus mengingat itu.
Maka saat ini, saat suasana hatiku sangat buruk oleh kekecewaan, ilmu sabar yang selama ini aku pelajari benar-benar aku gunakan. Selalu ingat Tuhan. Berdoa saja siapapun orang yang telah membuatku kecewa diingatkan oleh Tuhan agar sadar. Untuk orang-orang yang aku sayang sekalipun.
Dan tak lupa mengalah, karena kata bapak "mengalah bukan berarti kalah. Orang yang mengalah akan menang disaat yang tepat". Semoga.. tetap berdoa.

0 komentar:

 

dahlia's world Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review