Selasa, 13 Mei 2014

SEPELE TAPI PENTING

Diposting oleh Unknown di 11:25 PM
Hai teman-teman, tahukah kalian sesuatu yang dianggap sepele oleh kebanyakan orang tetapi sebenarnya itu sangat penting untuk diperhatikan? Apa saja? Banyak lah.. saya akan membahas dua hal sepele yang menurut saya penting. let's check this out!!!
Kebiasaan tersebut adalah sikat gigi dan cuci muka. Nah loh.. Sepele banget kan! Bahkan banyak yang menganggap hal tersebut tidak penting, tetapi tahukah kalian bahwa kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita? Baiklah saya akan menjabarkan pendapat saya tentang kedua kebiasaan saya ini.
Yang pertama sikat gigi, bagi sebagian atau mungkin banyak orang sikat gigi hanya akan dilakukan ketika kita akan bepergian keluar rumah untuk menjaga bau mulut ketika kita mengobrol dengan orang lain. Tentu tidak PD bukan jika keasikan kita mengobrol terganggu akibat bau mulut, ya pasti kita akan sikat gigi terlebih dahulu jika ingin mencegah hal tersebut terjadi. Atau kita hanya akan sikat gigi ketika kita mandi pagi, kalau tidak mandi kita tidak akan gosok gigi soalnya males.. hwmm.. Itu yang terjadi dengan beberapa teman saya.
Sebenarnya kebiasaan buruk ini sangat tidak patut dicontoh dan jangan sekali-kali mengabaikan sikat gigi. Banyak orang yang masih belum paham tentang manfaat dari sikat gigi. Selain untuk menjaga bau mulut, sikat gigi juga berguna untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Orang-orang sering mengeluhkan sakit gigi, entah karena keropos, gigi goyang mau copot atau sakit gigi yang lain. Mereka suka sekali menyalahkan makanan yang mereka konsumsi sebagai biang dari penyebab sakit gigi tetapi mereka tidak menyadari kebiasaan buruk mereka yang jarang sikat gigi lah yang menyebabkan mereka bisa mengalami gangguan gigi. Makan makanan yang manis seperti gula-gula atau cokelat menurut saya sah-sah saja, saya juga sering makan makanan tersebut akan tetapi jika tidak ingin mengalami kerusakan gigi perhatikan takaran konsumsinya, jangan terlalu berlebihan. Ingat, semua yang berlebihan itu tidak baik.
Saya sendiri setiap hari sikat gigi dua kali. Pagi dan malam sebelum tidur. Sikat gigi pagi, saya lakukan ketika bangun tidur sekaligus mandi pagi untuk berangkat kuliah dan setelah sikat gigi pagi biasanya saya sekalian menggunakan obat kumur atau mouthwash. Setiap kali saya mandi saya tidak harus sikat gigi, saya tetap memegang kebiasaan saya tersebut. Kenapa? Ingat, kembali kepada pernyataan saya yang tadi, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jadi meskipun dalam sehari saya mandi empat kali saya tetap sikat gigi dua kali.
Selanjutnya untuk sikat gigi di malam hari sebelum tidur, saya kalau mandi sore tidak pernah sikat gigi, berbeda dengan banyak orang yang jika mandi sore harus sikat gigi sebagai pelengkap dalam membersihkan tubuh. Saya baru sikat gigi sebelum tidur malam, kenapa? Karena saya mengambil praktisnya saja, jika saya sikat gigi saat mandi sore pasti akan percuma karena saya masih harus makan malam dan itu pasti akan meninggalkan sisa makanan di mulut. Saya baru akan sikat gigi ketika segala urusan makanan selesai sebelum istirahat malam. Ada dokter yang menganjurkan jika kita harus sikat gigi setiap kali selesai makan, akan tetapi ada juga dokter yang mengatakan bahwa sikat gigi terlalu sering justru akan menyebabkan gangguan pada mulut karena detergen yang ada didalam pasta gigi dapat merusak kalsium alami pada gigi (kalau tidak salah ingat ya..hehe)

Oh ya, untuk masalah menggunakan obat kumur, saya beberapa hari yang lalu tepatnya hari senin membaca artikel di detikhealth mengatakan bahwa jika kita mempunyai gangguan pada mulut sebaiknya tidak menggunakan obat kumur terlalu sering karena fungsi obat kumur adalah mematikan bakteri penyebab bau mulut sedangkan jika kita tidak mempunyai masalah pada bau mulut maka bakteri tersebut tidaklah banyak, sehingga akan mematikan bakteri baik juga. untuk selengkapnya baca disini deh..
Kebiasaan saya selanjutnya adalah cuci muka, saya lumayan rajin untuk cuci muka. lumayan ya bukan rajin-rajin banget. saya orangnya cukup malas juga, jadi kalau malasnya sudah keluar ya ga cuci muka tapi yang pasti sehari minimal dua kali lah. rajin membersihkan muka ini diperlukan khususnya untuk wajah yang berjerawat seperti saya >,< tapi jangan terlalu sering juga karena justru akan menghilangkan kandungan minyak dalam wajah yang berfungsi melembabkan dan juga akan membuat wajah menjadi kering. itu kalau mencuci wajahnya pakai sabun wajah, kalau cuma dibasuh sama air saja saya rasa tidak masalah.
kedua kebiasaan ini setiap hari saya lakukan, setiap kali mau tidur malam saya pasti cuci muka pakai sabun, sabun khusus wajah ya dan sekaligus sikat gigi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel tanpa menggunakan obat kumur setelahnya karena saya tidak mengalami gangguan pada mulut jadi saya tidak terlalu sering menggunakannya, dua kebiasaan tersebut sangat penting bagi saya karena dapat mempengaruhi kenyenyakkan tidur saya...hehehe
sekian ya artikel saya tentang hidup sehat, semoga dapat menginspirasi teman-teman semua. ingat.. kunci utama bisa menikmati dunia adalah harus sehat!
see ya next time, guys! ^^

0 komentar:

 

dahlia's world Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review