Sabtu, 17 Mei 2014

MANFAAT AIR PUTIH

Diposting oleh Unknown di 11:30 AM

Hallo guys..
Saya datang pengen ngomongin sesuatu yang sederhana tapi berkhasiat luar biasa nih.. Apa? Sesuai judul —air putih—
Kenapa ngomongin air putih? Yups.. Karena itu adalah minuman favorit saya..hehehe. Standar banget ya minuman yang saya suka? Tapi gimana lagi, pengennya sih bilang es campur, es buah, es doger, es oyen, atau es teler tapi tetep aja ujung-ujungnya minum air putih sebagai minuman penutup. Saya kalau minum es kayak gitu oke oke aja tapi tetep harus ada air putih soalnya es kayak gitu kan mengandung santan dan susu jadi bukannya dahaga ilang, malah tambah haus. Mangkanya saya kalau pesen es bersantan atau bersusu tetap pesen air putih.
Jujur saya jarang banget beli es macam yang saya sebutin diatas tadi soalnya ya gitu minun es kaya gitu bukannya seger malah tambah haus. Jadi kalo di jalan terus haus banget, yang saya beli ya air mineral dalam kemasan kalo pas panas-panas pesennya air es. Seger banget deh!!
Saya mulai suka air putih sejak kapan ya? Ya sejak sekolah sih, sekolah SMP, dulu waktu SD masih suka jajan es temu, kalo banyak orang bilang sih es limun, es temu itu sebutan orang-orang di kampung..hehe.
Awalnya saya beli air putih dalam kemasan pas SMP itu gara-gara waktu saya mau beli es teh di kantin saya lihat ibu penjualnya masukin sari manis, kalo bahasa umumnya sih pemanis buatan, itu banyak banget, ga pake ditakar padahal aturannya kan make pemanis buatan itu harus ada takarannya dan dicampuri juga sama gula asli. Lah perbandingan yang dipakai ibunya itu ngawur. Masak gula aslinya ga sampe setengah wadah, sedangkan pemanis buatannya banyak banget padahal ibunya itu buat es tehnya di wadah besar, besar banget. Gula setengah wadah ga bakalan ada rasa mangkanya ditambahi sama pemanis buatan.
Pas saya lihat itu, saya jadi ngeri sendiri hal pertama yang saya pikirin waktu itu adalah bagaimana nasib kesehatan saya setelah minum es teh itu? Pasti saya akan mual-mual, diare, atau sakit perut. Karena ga mau bayangin hal yang lebih ekstrim lagi jadilah saya pergi ke koperasi sekolah buat beli air putih dalam kemasan waktu itu saya beli yang dingin. Seger banget, apalagi waktu saya belinya pas panas-panas soalnya pas jam istirahat kedua.
Sejak itu saya lebih memilih beli air putih daripada es teh di kantin, ya kadang-kadang juga sih saya masih beli es teh. Tapi jarang banget. Bisa dihitung deh.. Soalnya saya beli itu pas lagi pengen aja. Kadang juga kalau uang saku saya pas-pasan saya bawa air putih dari rumah. Itu lebih terjamin kesehatannya.
Masuk SMK saya masih tetap beli air putih di koperasi sekolah. Saya beli es teh kalau lagi pengen aja soalnya saya pernah lihat proses pembuatan es tehnya juga ga jauh beda kayak ibu di kantin SMP, kalau  inget masih suka ngeri sendiri.
Kebiasaan tersebut kebawa sampe kuliah. Kalau dulu saya minum air putih soalnya ga mau minum es teh kantin yang tidak higenis sama sekali, kalau sekarang saya beli air putih soalnya saya menyadari bahwa tubuh sangat membutuhkan air. Seingat saya ya otak kita itu membutuhkan 70% asupan air putih untuk bekerja normal, belum lagi bagian tubuh yang lain seperti jantung, hati dan ginjal mangkanya kita dianjurkan minum air putih delapan gelas setiap hari karena alasan tersebut.
Saya dari dulu sudah mulai belajar hidup sehat, tapi dulu suka lupa kalau lihat makanan yang menggiurkan padahal belum tentu itu baik untuk kesehatan tetap saja saya makan. Belajar hidup sehatnya mulai hal yang sederhana lah, seperti minum air putih.
Saya saking sukanya sama air putih karena menyegarkan, sampai teman-teman kalau saya pesen minuman dibeliinnya air putih, tanpa perlu saya kasih tau. Bahkan ada juga temen yang ngatain saya galon soalnya saya kalau makan di kantin minum satu botol air mineral 600 ml suka kurang dan minta lagi ke mereka. Gimana ya ibu kost saya juga suka heran sama saya, porsi makan saya kalau buat takaran cewek bisa dibilang terlalu banyak ketambahan air putihnya mesti satu gelas besar air dan habis. Jadi mungkin kalau yang makan cewek dengan porsi normal mereka bakalan sangat kekenyangan. Tapi saya biasa aja kenyangnya, jujur ya.. Porsi makan saya itu besar loh...hihihi
Oh ya, ngomong-ngomong soal air putih juga saya lebih suka minum air putih dingin. Bukan air es loh ya, yang dinginnya dimasukin lemari es. Dingin normal yang saya maksud. Soalnya saya pernah nonton tayangan dr oz tentang air putih, katanya orang yang sering mengkonsumsi air es bisa menyebabkan perut mereka buncit. Itu karena lemak dalam tubuh yang seharusnya keluar menjadi beku karena disiram air es dan akibatnya lemak akan semakin menumpuk di perut dan menjadikan perut bisa buncit, dan saya tidak mau hal itu terjadi pada tubuh saya. Selain karena faktor kesehatan, hal tersebut juga akan sangat mengganggu saya untuk faktor penampilan. Masak saya yang badannya kurus punya perut buncit gitu, kan aneh. Hal pertama yang harus diperhatikan oleh cewek kan penampilan..hehehe.. Oh ya selain itu, minuman es baik air es atau es teler dan teman-temannya, tidak dianjurkan untuk wanita yang sedang mendapatkan siklus bulanannya. Kenapa? Karena es dapat menyebabkan darah kotor yang seharusnya keluar menjadi beku karena terkena es yang sifatnya dingin dan darah tersebut akan menempel di dinding rahim akibatnya darah menstruasi yang keluar tidak bisa bersih total dan untuk dampak jangka panjangnya bisa menyebabkan kanker serviks atau kanker leher rahim.
Kalo dijabarin banyak banget loh manfaat air putih, ketimbang minuman bersoda yang banyak dikonsumsi sama banyak anak muda jaman sekarang hanya biar dilihat orang keren karena minum minuman soda tanpa memikirkan kesehatannya. Saya pernah baca artikel kesehatan, tapi saya lupa dimana. Dalam satu botol minuman bersoda yang botol kecil atau kalengan terdapat 10 sendok makan gula. Coba bayangkan botol dalam minuman bersoda cuma berapa ml? Ga sampe 600 ml kan? Itu diisi 10 sendok makan gula, lah satu sendok aja udah manis banget itu sampe dikasih 10 pasti kalau terlalu sering minum bakalan mengalami gangguan kesehatan. Selain itu yang paling saya inget, mengkonsumsi minuman bersoda bisa mengakibatkan obesitas atau kelebihan berat badan. Duh.. Nyeremin yaa?
Saya termasuk yang jarang banget beli minuman bersoda apalagi yang sejenis fanta atau cocacola. Bahkan dalam setahun bisa dihitung, saya beli minuman seperti itu ga lebih dari lima kali itu aja saya beli yang botol kecil, saya biasanya beli yang sejenis sprite itu saya beli kalo pengen buanget dan ga bisa ditahan. Kadang juga saya beli minuman soda biar bisa sendawa...konyol ya? Hehehe.. Kadang punggung saya suakit  banget gara-gara ga bisa sendawa dan itu bener-bener bikin ga nyaman. Mangkanya saya beli sprite biar bisa sendawa dan sakit punggung saya bisa sedikit reda. Itu aja sih, kalo hari hari biasa saya lebih pilih air putih.
Oh ya temen-temen tau ga manfaat air putih? Banyak. Beberapanya sudah dijelasin diatas untuk alasan kesehatan otak dan ginjal, selain itu bisa memperlancar peredaran darah, dan membuat tubuh terlihat segar dan tidak layu. Untuk masalah ini teman saya pernah bilang, dia bilang tubuh saya terlihat segar terus, saya tidak tau dia tujuannya memuji soalnya saya waktu itu baru saja selesai mandi atau saya tetap terlihat segar meskipun tidak mandi, entahlah.. Oh ya saya juga pernah membaca artikel air putih bisa dijadikan salah satu menu untuk diet loh.. Rajin mengkomsumsi air putih setiap hari bisa melangsingkan tubuh. Selain itu apalagi ya? Saya lupa.. Teman-teman browsing sendiri ya..hehehe. Saya sendiri sih minum air putih tujuannya untuk kesehatan saya, untuk manfaat yang lain saya masih belum tau. Oh ya selain air putih saya juga suka banget sama jus alpukat, itu karena manfaatnya yang bisa melancarkan pencernaan. Kalau beli jus saya suka beli jus alpukat, yah walau harganya sedikit agak mahal sih diantara jus yang lain tapi saya suka.
Ngomong-ngomong soal es teh, saya anjurkan ke teman-teman untuk tidak terlalu sering beli es teh diluar soalnya kan kita ga tau cara pengolahannya bersihkah atau higeniskah, soalnya kebanyakan es teh yang dijual di pinggir jalan seperti kaki lima itu rawan bakteri e-coli, itu loh bakteri penyebab diare, infeksi saluran kemih dan meningitis, ini saya dapat info dari temen yang kuliah ambil jurusan analisa kesehatan. Dia praktek ambil sampel makanan yang dijual di pinggir jalan seperti itu. Ini hanya sekedar info ya, cuma mengajak teman-teman untuk lebih berhati-hati saja.
Okee.. Sekian obrolan saya tentang manfaat air putih, semoga artikel ini dapat merubah pemikiran teman-teman yang suka mengkonsumsi minuman bersoda untuk pindah ke air putih yang mempunyai banyak manfaat.
See ya next time, guys ^^

0 komentar:

 

dahlia's world Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review